Mahalnya Harga Belut Sebanding dengan Gizinya

Posted by Unknown on Tuesday 19 November 2013

Balut. Hewan ini sudah sangat akrab terdengar di telinga kita. Belut merupakan pilihan lauk yang sangat istimewa. Selain rasanya yang lezat dan gurih, nilai gizinya juga sangat bagus untuk tubuh kita, apalagi untuk anak-anak di masa pertumbuhan.

Belut adalah sejenis ikan yang hidup di air di persawahan, rawa-rawa,  atau di pinggiran sungai. Binatang ini menyerupai ular. Bentuknya panjang dan memiliki tubuh yang licin karena diselimuti oleh lendir. Meski sebagian orang merasa jijik terhadap jenis ikan ini, akan tetapi belut memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Daging binatang ini sangat baik jika dikonsumsi oleh anak-anak, kandungan proteinnya sangat tinggi, baik untuk masa pertumbuhan dan untuk membangun otak anak kita.

Sayangnya harga belut akhir-akhir ini sangat mahal, yaitu mencapai Rp. 30.000,- per kg, bahkan di daerah Pekalongan dan Pemalang, harga belut yang sudah dibakar harganya sangat tinggi, yaitu mencapai Rp. 50.000,- per kg. meskipun ikan belut memiliki harga yang sangat tinggi, namun permintaan pasar akan belut ini masih sangat tinggi pula, hal itu memang karena kesadaran masyarakat akan tingginya nilai gizi belut untuk kesehatan keluargannya, sehingga mereka tidak memperdulikan harga yang tinggi, yang penting kebutuhan gizi keluarga terpenuhi.




Mahalnya harga belut memang sebanding dengan kandungan nilai gizi dan manfaatnya bagi kesehatan manusia, khususnya untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Belut dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak anak-anak.

Namun Sayangnya keberadaan belut di alam sekarang ini sudah semakin sulit ditemukan, ini disebabkan oleh perburuan belut secara liar tanpa memperhatikan kelestariannya, seperti cara penangkapan belut dengan setrum. Penyebab menurunnya habitat belut di alam atau di sawah juga karena penggunaan pupuk un-organic atau pupuk kimia yang berlebihan, sehingga kondisi tanah menjadi keras dan kandungan zat haranya hilang, sehingga belut tidak bisa hidup dan berkembang.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...