Istilah Pertumbuhan dan Perkembangbiakan Tumbuhan

Posted by Unknown on Monday 9 December 2013

Berikut ini istilah asing yang perlu diketahui dalam dunia pendidikan tentang pertumbuhan dan perkembangbiakan tumbuhan atau tanaman:
  1. Epigeal adalah tipe perkecambahan yang menghasilkan kotiledon dan epikotil keluar dari biji, karena pemanjangan hipokotil. Sehingga, kotiledon keluar ke atas tanah.
  2. Etiolasi adalah pertumbuhan tumbuhan dalam keadaan gelap, batangnya memanjang dan daun berwarna pucat karena kurang cahaya.
  3. Hipogeal adalah tipe perkecambahan yang menghasilkan sedikit hipokotil sehingga kotiledon tetap berada di dalam biji. Oleh karena itu, kotiledon tidak keluar ke atas tanah.
  4. Klorosis adalah keadaan abnormal pada daun yang kehilangan klorofil sehingga daun berwarna pucat kekuningan. Keabnormalan ini disebabkan karena penyakit, kurang pencahayaan dan defisiensi besi, magnesium atau tembaga.
  5. Koleoptil adalah selaput yang menyelubungi jaringan ujung pangkal daun pertama pada embrio monokotil.
  6. Kotiledon adalah kepingan biji yang merupakan daun pertama lembaga pada tumbuhan jumlahnya satu pada monokotil dan dua pada dikotil.
  7. Lingkaran tahun adalah daerah pada irisan melintang batang yang dapat dibedakan antara floem dan xilem yang terbentuk dalam satu tahun.
  8. Partenokarpi adalah perkembangan buah tanpa biji, kerena tidak terjadi pembuahan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...