Pengertian dan 4 Jenis Berita

Posted by Unknown on Wednesday 11 December 2013

Berita bukan hal asing bagi semua orang, setiap hari semua orang mendengar berita, apapun itu jenis dan bentuknya. Berikut ini Pengertian Berita dan jenis-Jenisnya:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita adalah merupakan keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat atau sedang menjadi bahan perbincangan.

4 jenis berita menurut studi jurnalistik, yaitu:
  1. Berita langsung (straight news), adalah jenis berita yang merupakan jenis berita yang memberikan pengaruh langsung pada masyarakat baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Misalnya, pemberitaan tentang kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM atau tarif dasar listrik dalam waktu dekat. Pemberitaan ini tentunya akan memberikan pengaruh pada segala segi kehidupan pada masyarakat, khususnya masyarakat kecil. Berita langsung ini biasanya dimuat di etalase media cetak (bagian depan) atau disiarkan dalam berita utama.
  2. Berita ringan (soft news), adalah jenis berita yang merupakan jenis berita yang memuat tema-tema ringan menggigit, setidaknya bisa untuk dijadikan cermin hidup. Misalnya, Gara-gara cintanya ditolak, polisi pun berindak. Berita ringan ini umumnya dimuat di halaman tengah atau belakang, dan biasanya dilengkapi ilustrasi-ilustrasi yang menarik.
  3. Berita kisah (feature), adalah jenis berita yang merupakan jenis pemberitaan yang melaporakan kejadian atau peristiwa secara rinci dari awal sampai akhir. Berita kisah dibedakan atas pemberitaan tentang profil seseorang, laporan perjalanan wisata, atau penggambaran tentang peristiwa yang pernah terjadi. Biasanya berita kisah ini ditayangkan diakhir pemberitaan.
  4. Berita mendalam (deep news), adalah jenis berita yang merupakan pemberitaan yang tidak saja memuat laporan peristiwa yang terjadi, namun disertai analisis dari berbagai segi oleh pakar atau ahli di bidangnya. Pembahasan yang mendalam inilah yang membuat pemberitaan mendalam ini lebih panjang dari jenis pemberitaan yang lainnya. Biasanya pemberitaan mendalam ini dimuat di majalah atau tabloid atau ditayangkan dalam bentuk laporan khusus pemberitaan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...