Pengertian Perubahan Sosial Menurut para Ahli

Posted by Unknown on Wednesday 11 December 2013

Berikut ini Pengertian Perubahan Sosial menurut beberapa ahli ilmu sosial di dunia:

Kingsley Davis
Kingsley Davis menyampaikan behwa perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

Gillin and Gillin
Perubahan sosial menurut Gillin and Gillin diartikan sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang
telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

Mac IverMenurut Mac Iver, perubahan sosial diartikan sebagai perubahan-perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.

Selo SoemardjanPerubahan sosial menurut Selo Soemardjan adalah segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Berdasarkan pengertian perubahan sosial menurut para ahli di atas, disimpulkan bahwa dalam perubahan sosial yang berubah adalah struktur dan fungsi sosialnya.

Berikut contoh perubahan sosial berdasarkan struktur dan fungsi sosialnya
Perubahan dalam struktur adalah perubahan jumlah penduduk, perubahan status sosial, perubahan pelapisan sosial.

Perubahan dalam fungsi sosial antara lain ayah di rumah dan ibu bekerja. Di sini terjadi perubahan fungsi ayah dengan fungsi ibu.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...